Bunuh Diri, Dapet Duit!!!

Oleh : Bayu Segara

Pitung dan Kabayan malem itu lagi kongkow di pos kamling. Mereka lagi ngopi-ngopi dan makan kacang goreng sambil merokok. Malam itu mereka kebagian ngeronda. Karena lingkungan mereka termasuk rawan. Tetangga sebelah kemalingan duit 25 M sama perampok yang bernama Gayus Tambunan Sehingga Pak RT menggiatkan ronda lagi.

“Kabayan, gue kan pengangguran. Gak kaya elo yang karyawan. Gimana nih caranya biar gue dapet duit”, ucap Pitong membuka obrolan.

“Gampang. Bunuh diri aja lu, pasti dapet duit”, jawab si Kabayan sambil ketawa.

“Sialan luh. Gue serius nih”, pungkas Si Pitung sambil manyun.

“Yee siapa yang becanda. Gue juga serius”,

“Jadi maksud lo, gue mesti modar dulu, baru dapet duit, gituh?”, ucap Si Pitung heran.

“Haha.. Ya ngga gitu lah Tung. Kalo lo mati, ntar yang bayar utang lo sapa. Sumpah gue ga rela lo mati, kalo lo belom bayar utang”

“Setan lu. Jadi maksudnya gimana?”, tanya si Pitung penasaran.

“Gini. Yang namanya manusia itu dipenuhi oleh rasa malu, sifat malas, bodoh dan pesimis. Nah kalo lo bisa membunuh semua sifat itu pasti lo gampang nyari duit”, jawab si Kabayan sambil berlagak wibawa.

“Gue belom ngerti nih. Kasih contohnya dong”, Si Pitung ngomong sambil garuk-garuk kepala.

“Lo malu untuk ngamen kan?”

“Iyah”

“Nah, ilangin tuh rasa malu, pasti lo dapet duit”

“Terus?”, Si Pitung tambah penasaran

“Lo males ngelamar kerja kan?”

“Siapa bilang? Gue udah ngelamar kerja kok”, bantahnya

“Sudah berapa lamaran yang lo kirimin?”

“Emang sih baru lima. Tapi intinya kan gue gak males”

“Kalo dibandingin ama gue yang ngirim ratusan lamaran, kira-kira berarti ngga usaha lo itu?”, ucap si Kabayan bersemangat

“Ya, kalo dibandingin sama lo sih emang ga ada artinya. Tapi gue kan ga tau mesti ngelamar kemana”

“Nah itu lah malesnya lo. Kalo lo ga males, lo pasti nemuin banyak lowongan, baik di Koran, radio, internet atau di Depnaker”

“Tapi kan gue ga punya duit untuk itu”, sanggah si Pitung

“Makanya lo ngamen!”

“Kalau gue ketangkep Trantib pas ngamen gimana?”

“Itu artinya lo pesimis. Belom juga lo ngamen, udah mikirin ketangkep Trantib”

“Lah, kan kita mesti jaga-jaga. Nanti kalo gue ketangkep gimana?”

“Berarti lo bodoh. Ya lo harus gunain otak dong biar ngga ketangkep Trantib”

“Hehehe bener juga luh”

“Kabayan… dilawan”, ucap si Kabayan bangga.

*Catatan : Kolaborasi Sunda-Betawi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s